Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Harry Dwi Putra, M.Pd.

Artikel Umum

ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI SD/MI KOTA BANDUNG

Dipublikasikan pada : 24 Januari 2016. Kategori : .

ABSTRAK

Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan guru berorientasi pada penerapan matematika dalam kehidupan nyata adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Di Indonesia dikenal dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). PMR merupakan suatu teori dalam pendidikan matematika yang dikembangkan pertama kali di negeri Belanda oleh Hans Freudhental dengan nama Realistic Mathematic Education (RME). Teori ini didasarkan pada persepsi bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika harus dihubungkan secara nyata dalam konteks kehidupan siswa. Kegiatan pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas siswa untuk mencari, menemukan, dan membangun pengetahuan, sehingga pembelajaran terpusat pada siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai proses pembelajaran matematika berbasis PMRI di SD/MI Kota Bandung dengan latar alamiah atau tanpa perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah participant observation dengan jenis observasi terbuka. Peneliti berperan sebagai observer langsung dan pewawancara. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi kelas untuk mendapatkan gambaran proses pembelajaran matematika berbasis PMRI, yang kemudian akan dijadikan dasar sebagai pemilihan subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah dasar, yaitu SDPN Sabang, SDPN Setiabudi, dan MIN Cicendo, sebagai sekolah mitra pembelajaran matematika berbasis PMRI. Subjek penelitian yang akan dipilih adalah siswa kelas III, karena peneliti ingin mengetahui secara khusus bagaimana penerapan PMRI terhadap materi matematika di kelas III SD/MI. Berdasarkan skor skala diferensial semantik yang dilakukan oleh dua observer rerata skor yang diperoleh oleh SDPN Sabang, SDPN Setiabudi, dan MIN Cicendo berturut-turut adalah 2,46, 2,04, dan 2,32. Ketiga rerata skor ini berada pada kriteria baik dengan interval (3, 2, 1, 0, -1, -2, -3) dan memenuhi karakteristik dalam pendekatan PMRI.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.

Artikel lengkap dapat di-download pada link di bawah ini:

Download (PDF, 842KB)