Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Harry Dwi Putra, M.Pd.

Artikel Umum

PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Dipublikasikan pada : 4 September 2016. Kategori : .

ABSTRAK

Kemandirian belajar diperlukan bagi mahasiswa dalam mendukung keberhasilan belajarnya. Tidak semua mahasiswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi. Untuk menumbuhkan kemandirian belajar pada mahasiswa diperlukan suatu model pembelajaran yang inovatif. Dari begitu banyak model pembelajaran inovatif, salah satu yang tepat untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa adalah pembelajaran berbasis proyek (project based learning), karena lebih menekankan pada pendekatan kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks, melibatkan mahasiswa dalam melakukan investigasi pemecahan masalah dan kegiatan bermakna, memberi kesempatan bekerja secara mandiri dalam mengkontruksi pengetahuan, serta menghasikan produk nyata. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah transkrip wawancara dan skala kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di dua kelas reguler angkatan 2014 program studi pendidikan matematika STKIP Siliwangi. Subjek penelitian berjumlah 120 mahasiswa yang terbagi di kelas A1 dan A3. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive, karena penelitian ini diterapkan pada kelas yang mengambil mata kuliah media pembelajaran matematika. Berdasakan analisis data, diperoleh rerata kemandirian belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 2,82 dan 2,70. Rerata pandangan mahasiswa terhadap pembelajaran project based learning sebesar 2,78 besar dari 2,50. Dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan project based learning lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran dengan metode ekspositori. Siswa memiliki pandangan yang baik tehadap pembelajaran dengan project based learning.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Project Based Learning.

Artikel lengkap dapat di-download pada link di bawah ini:

Download (PDF, 184KB)