Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung - Harry Dwi Putra, M.Pd.

Artikel Umum

PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DISERTAI STRATEGI WHAT IF NOT

Dipublikasikan pada : 2 Mei 2017. Kategori : .

ABSTRAK

Kemampuan berpikir reflektif matematis merupakan salah satu kompetensi berpikir tingkat tinggi yang juga sangat penting dikembangkan pada siswa, karena mereka akan cenderung untuk mencari kebenaran, berpikir terbuka dan toleran terhadap ide-ide baru, dapat menganalisis masalah dengan baik, berpikir secara sistematis, penuh rasa ingin tahu, dewasa dalam berpikir, serta dapat berpikir kritis secara mandiri. Pendekatan scientific merupakan pendekatan yang memfasilitasi siswa agar memperoleh pengetahuan dan keterampilan berdasarkan metode ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring (menyimpulkan, menyajikan, serta mengkomunikasikan). Melalui strategi what if not terjadi proses berpikir siswa dalam menganalisis masalah, mempertentangkan kondisi pada masalah, dan memeriksa kebenaran penyelesaian. Oleh karena itu, diperlukan instrumen untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis melalui pendekatan scientific disertai strategi what if not. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang akan menghasilkan produk berupa instrumen. Metode penelitian terdiri dari tahap-tahap, yaitu: pendahuluan (studi pustaka, observasi, dan wawancara), pengembangan produk (instrumen), validitas dari tim ahli, dan uji coba terbatas pada siswa kelas XI di SMA Negeri Cimahi dengan kriteria sekolah tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa instrumen yang dikembangkan meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan tes kemampuan berpikir reflektif matematis. Silabus mengenai materi aturan pencacahan. RPP disusun sesuai dengan pendekatan scientific disertai strategi what if not. Tes disusun sesuai dengan indikator kemampuan berpikir reflektif matematis. Setelah dilakukan uji coba terbatas, diperoleh instrumen yang valid.

Kata Kunci: Instrumen, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Pendekatan Scientific, Strategi What If Not

Untuk memperoleh file artikel ini, silahkan klik link donwnload di bawah ini.

Download (PDF, 9.05MB)